Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya. Pentingnya penggunaan baut atau skrup terletak pada kualitas pemasangan, ukuran, jenis, dan material baut yang digunakan. Kekuatan sambungan pada rangka sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor ini.

Penasaran apakah fungsi rahasia dari baut tersebut. Simak terus artikel ini sampai selesai. Masih banyak yang belum tahu kalau baut baja ringan yang biasanya untuk atap atau kusen itu punya fungsi rahasia lainnya. Dengan ide kreatif ini anda bisa melubangi semua benda dari besi, aluminium bahkan dinding beton sekalipun dengan baut ini.

Fungsi utama baut baja ringan adalah sebagai penghubung yang esensial dalam proses konstruksi. Baut baja ringan digunakan untuk mengikat dan mengamankan komponen-komponen rangka baja ringan saat membangun struktur seperti dinding, lantai, dan atap. Fungsi baut ini menjadi kunci dalam menjaga kestabilan dan kekokohan struktur dengan menggabungkan elemen-elemen menjadi suatu kesatuan yang kuat.

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Dengan ini pekerjaan di rumah pun jadi lebih ringan dikerjakan terutama untuk urusan melubangi benda-benda keras seperti besi dan lainnya.

Fungsi rahasia dari baut baja ringan adalah menjadi mata bor dan hasilnya sangat kuat karena semua benda yang terbuat dari besi, aluminium atau beton bisa terlubangi dengan baik.

Hanya bermodalkan kisaran dua ribu rupiah atau tiga ribu rupiah anda bisa membuat mata bor yang sangat kuat dan tidak mudah patah.

Dan ini lebih kuat dari pada mata bor yang umumnya dijual karena lebih kuat. Cara membuatnya pun sangat sederhana dan sangat mudah sekali untuk ditiru.


Umumnya, baut baja ringan digunakan pada pemasangan material seperti truss (canal-c) dan reng. Baut ini memiliki ciri kepala berbentuk segi enam dan ujung tajam yang cocok untuk pemasangan pada truss dan reng dengan presisi. Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra sebelum menggunakannya, untuk memastikan bahwa lokasi pemasangan sudah tepat dan material tidak rusak.

Baca Juga :  Sketsa Kanopi Baja Ringan Terbaru Agustus 2024

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Dengan fungsinya untuk melekatkan bahkan mengokohkan dua bagian dalam sambungan, jelas sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis dan cara memilih jenis baut baja ringan. Berikut ulasan lengkapnya!

Terdapat beberapa jenis baut baja ringan dilihat dari bentuk dan ukurannya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Simak jenis-jenis baut baja ringan sebagai berikut:

Terdapat beberapa jenis baut baja ringan diihat dari bentuk dan ukurannya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Apa saja?

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Sekrup Gypsum

Fungsi utama dari sekrup gypsum untuk mengikat papan gypsum atau triplek ataupun termit pada rangka baja ringan yang umumnya digunakan dalam partisi dan plafon. Dengan kepala yang bulat, ditawarkan dalam dua jenis ujung—runcing dan pipih, memudahkan pemasangan dengan mata obeng saat proses instalasi. Terbuat dari baja solid, jenis sekrup ini cocok untuk penggunaan pada material baja ringan.

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup gypsum yang umum digunakan untuk pemasangan plafon:

  • – Sekrup 6 x 1 inchi memiliki panjang sekitar 2,5 cm
  • – Sekrup 6 x 1,5 inchi memiliki panjang sekitar 4 cm
  • – Sekrup 6 x 1,75 inchi memiliki panjang sekitar 3 cm
  • – Sekrup 6 x 3/4 inchi memiliki panjang sekitar 2 cm
  • – Sekrup 6 x 2 inchi memiliki panjang sekitar 5 cm
  • – Sekrup 6 x 3 inci memiliki panjang sekitar 7,5 cm.

Self Drilling Screw (SDS) atau Sekrup TEK

Self Drilling Screw (SDS) juga dikenal sebagai sekrup TEK, memiliki ujung berbentuk ‘mata bor’ yang dapat mengebor lubang pilot sendiri. Self Drilling Screw (SDS) cocok untuk melubangi lembaran logam tebal dan bahan struktural lainnya.

Ukuran SDS yang tepat bergantung pada ketebalan substrat yang digunakan. Penting bahwa ujung sekrup membersihkan dan menembus substrat sebelum ulir mulai bekerja. Pada pengencangan menggunakan pengikat self-drilling, ujung sekrup harus membersihkan permukaan agar benang terhubung dengan baik dan tidak merusak pengikat. Ukuran diameter dan jarak ulir disesuaikan dengan tujuan dan ketebalan substrat.

Baca Juga :  Jual Plat Coil Galvanis Kabupaten Agam

Self Drilling Screw tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu:

  • – SDS 12-24×45
  • – SDS 8-18×13
  • – SDS 12-24×20.

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Sekrup Dynabolt

Sekrup Dynabolt, juga dikenal sebagai Anchor Bolt atau baut tanam tembok. Dikenal sebagai jenis baut pengencang yang digunakan untuk merekatkan objek ke beton, baik yang bersifat struktural maupun non-struktural.

Baut ini umumnya memiliki diameter yang lebih besar dan menyempit ke bagian kepala baut. Dilapisi dengan selongsong silinder, bagian ujung ditanamkan ke beton memiliki celah sepanjang baut. Saat ditanam ke beton, baut tersebut akan mengencangkan mur dari luar beton.

Cara pemasangannya sendiri dengan dimasukkan ke dinding atau beton yang sudah sebelumnya dilubangi dengan mesin bor, kemudian selongsong silinder diperkuat sampai anchor yang ada di beton mengembang dan kian kuat saat ditarik.

Dynabolt memiliki keistimewaan karena bisa ditanamkan dengan melubangi beton terlebih dahulu. Setelah dikencangkan, dynabolt akan mengembang di dalam lubang beton, sehingga memberikan kekuatan menancap.

Fungsi utama sekrup dynabolt diantaranya:

  1. Mengencangkan objek struktural atau non-struktural ke tembok atau beton
  2. Pemilihan ukuran dan jumlah dynabolt harus sesuai dengan kebutuhan, seperti pemasangan rangka besi untuk canopy atau lemari gantung
  3. Dynabolt juga berperan dalam pemasangan objek pada bangunan secara cepat, serta memasang mesin pada dudukan beton dalam industri.

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup dynabolt yang umum digunakan:

  • – Sekrup dynabolt 6 x 60
  • – Sekrup dynabolt 8 x 40
  • – Sekrup dynabolt 8 x 65
  • – Sekrup dynabolt 10 x 50
  • – Sekrup dynabolt 10 x 65
  • – Sekrup dynabolt 10 x 77
  • – Sekrup dynabolt 12 x 60
  • – Sekrup dynabolt 12 x 75
  • – Sekrup dynabolt 12 x 99.

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Tips Memilih Baut Baja Ringan

Cara memilih baut atau sekrup baja ringan yang baik dan tepat tak hanya dilihat dari kerapatan ulir dan jarak drat dari kepala sekrup. Ada standar yang harus diperhatikan.

Baca Juga :  Coil Galvalum - Bahan Baku Produksi Baja Ringan

Kriteria Pemilihan Sekrup atau Baut yang Baik Meliputi:

  1. Sekrup dengan ulir atau drat baut yang lebih rapat
  2. Jarak antara ulir atau drat dengan kepala sekrup harus dekat agar tidak mudah kendur.

Standar Baut untuk Baja Ringan Agar Sambungan Tetap Kuat dan Tidak Longgar:

  1. Untuk struktur yang menggunakan kanal c, gunakan screw type 12-40×20 dengan gauge 12 (ukuran) dan ulir 14 setiap inchi, serta panjang 20 mm
  2. Untuk reng, gunakan screw type 10-16 x 16 dengan ukuran gauge 10 dan ulir 16 setiap inchi, serta panjang 16 mm
  3. Dalam konteks ini, ukuran gauge 12 memiliki diameter 5,5 mm, sementara ukuran gauge 10 memiliki diameter 5 mm.

Cara Pembuatan:

  1. Pertama siapkan satu buah baut baja ringan yang masih bagus lalu siapkan tang dan sebuah mesin gerinda.
  2. Kedua, jepit baut tersebut dengan tang pegang dengan kuat.
  3. Ketiga, potong bagian kepala baut tersebut menggunakan gerinda. Lakukan dengan hati-hati.

Nah mata bor alternatif pun sudah jadi, anda tinggal pasangkan ke mesin bor pastikan memasangnya dengan benar. Jika sudah maka anda pun sudah siap menggunakannya untuk melubangi benda-benda keras.

Lakukan uji coba pada kayu, besi, aluminium maupun beton. Maka benda-benda tersebut akan terlubangi dengan sempurna. Dengan ini cara melubangi besi, aluminium, beton pun jadi sangat mudah.

Harga Baut Baja Ringan di pasaran :

Drywall 6×1 – Merk One fast
1 dus besar 13.000 pcs – 16,25 kg
(Isinya 10 dus kecil @1.300 pcs)

Manfaat Baut Baja Ringan, Cek Jenisnya, Cara Pembuatan dan Harganya

Semoga bermanfaat dan semoga menginspirasi.