Kelebihan Atap Spandek Pasir, Ampuh Redam Suara Hujan dan Tahan Lama. Atap spandek pasir telah menjadi salah satu pilihan utama dalam dunia konstruksi atap. Bahan ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya sangat diminati oleh pemilik rumah, arsitek, dan kontraktor. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa yang membuat atap spandek pasir istimewa dan mengapa Anda harus mempertimbangkannya sebagai opsi untuk rumah Anda.

Anda wajib tahu beberapa kelebihan dan kekurangan atap spandek pasir. Terutama jika Anda berencana menggunakan jenis atap yang satu ini dalam konstruksi atau proyek bangunan. Berikut pembahasan selengkapnya.

Atap spandek pasir adalah jenis atap yang terbuat dari aluminium dan seng yang dilapisi dengan pasir berwarna. Jenis atap ini dipakai untuk penutup bangunan dan gedung. Atap ini juga biasa dipakai sebagai dinding gudang dan garasi rumah maupun kantor.

Kelebihan Atap Spandek Pasir, Ampuh Redam Suara Hujan dan Tahan Lama

Spandek pasir merupakan salah satu jenis atap yang memiliki banyak keunggulan antara lain dapat meredam suara hujan, serta tahan lama! Simak kelebihan atap spandek pasir lebih lengkapnya di sini!

Spandek pasir merupakan atap yang terbuat dari aluminium dan seng yang dilapisi pasir berwarna. Jenis atap ini dapat digunakan sebagai penutup bangunan dan gedung.

Selain itu, atap jenis ini dapat juga digunakan menjadi dinding gudang dan garasi di rumah atau perkantoran. Atap spandek pasir menjadi pilihan lantaran memiliki beberapa kelebihan dibanding penutup atap rumah lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek Pasir | Salah satu jenis atap yang banyak digunakan adalah atap spandek pasir. Ada beberapa kelebihan atap spandek pasir ini, salah satunya adalah bisa meredam suara hujan. Selain itu atap spandek ini juga terkenal dengan ketahanannya yang lama.


Baca Juga :  Harga Atap Spandek Pasir Juli 2024 per Meter & per Lembar

Atap spandek pasir adalah solusi populer untuk rumah Anda. Pelajari kelebihan dan keistimewaan material ini dalam artikel kami. Temukan mengapa atap spandek pasir adalah pilihan cerdas untuk rumah Anda.

Apa Itu Atap Spandek Pasir?

Atap spandek pasir adalah jenis atap yang terbuat dari lembaran logam tipis yang dikenal sebagai spandek, dengan lapisan pasir di permukaannya. Lapisan pasir memberikan tampilan yang estetis dan membantu melindungi atap dari paparan sinar matahari dan cuaca ekstrem.

Atap spandek pasir merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan spandek dengan lapisan pasir sebagai pelapis permukaannya. Bahan ini dikenal karena kekuatannya, ringan, dan kemampuannya untuk melindungi rumah dari berbagai cuaca ekstrem. Ini adalah salah satu pilihan yang paling populer untuk atap di banyak bagian dunia.

Atap spandek pasir sering digunakan dalam berbagai proyek, mulai dari rumah tinggal hingga bangunan komersial.

Kelebihan Atap Spandek Pasir, Ampuh Redam Suara Hujan dan Tahan Lama

Kelebihan Atap Spandek Pasir

Melansir berbagai sumber, berikut ini kelebihan spandek pasir.

1. Tahan Lama dan Anti Korosi

Kelebihan pertama dari atap spandek adalah tahan lama dan antikorosi. Hal ini dikarenakan bahan material atap yang terbuat dari aluminium.

Sehingga atap jenis ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Hujan sendiri merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya korosi pada atap.

2. Dapat Meredam Suara Hujan

Atap yang terkena hujan umumnya akan menimbulkan suara gemuruh. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan atap spandek.

Pasalnya permukaan atap spandek telah dilapisi pasir khusus yang akan meredam suara air hujan. Hal tersebut membuat suara hujan yang gaduh dan mengganggu akan diredam atap ini.

Baca Juga :  Harga Atap Spandek Pasir Agustus 2024 per Meter & per Lembar

3. Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Atap spandek pasir tersedia dalam beberapa ukuran. Sehingga memudahkan konsumen untuk memilih jenis ukuran atap sesuai dengan kebutuhan.

Adapun ukuran atap yang ditawarkan mulai dari ukuran 3 meter hingga 6 meter. Umumnya masing-masing atap memiliki lebar 1 meter dengan ketebalan 0,30 milimeter.

4. Spandek Pasir Punya Banyak Pilihan Warna

Selain tersedia dalam berbagai ukuran, atap spandek juga tersedia dalam beberapa pilihan warna. Sehingga memberikan kemudahan pada konsumen untuk memilih atap spandek yang sesuai dengan konsep yang diinginkan. Penggunaan atap yang berwarna sendiri akan memberikan daya tarik pada bangunan.

5. Harga Spandek Pasir Relatif Terjangkau

Harga spandek pasir yang di pasaran relatif terjangkau. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit, karena sudah banyak ditawarkan oleh agen pemasaran. Sehingga masyarakat tidak sulit menemukan jenis atap ini.

6. Spandek Pasir Tahan Rayap

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, atap spandek terbuat dari aluminium dan seng. Hal tersebut membuat atap jenis ini anti bocor dan juga anti rayap.

7. Proses Pemasangannya Mudah

Selain sejumlah keunggulan yang telah disebutkan, proses pemasangan atap ini juga mudah. Sebab tidak memerlukan banyak penggunaan rangka untuk memasangnya. Tak hanya hemat budget, menggunakan atap ini juga lebih hemat waktu dan tenaga.

8. Material yang Ramah Lingkungan

Penggunaan atap spandek juga tidak akan membahayakan kesehatan penghuni rumah. Pasalnya, atap ini terbuat dari bahan-bahan yang anti karat dan tidak berbahaya untuk kesehatan.

Sehingga cocok digunakan untuk rumah-rumah modern yang memiliki kelembapan udara yang tinggi Selain itu, atap ini juga dapat digunakan dan didaur ulang kembali.

Kelebihan Atap Spandek Pasir, Ampuh Redam Suara Hujan dan Tahan Lama

Baca Juga :  Harga Coil Galvalume, Coil Galvanize dan PPGL September 2022

Kekurangan Atap Spandek Pasir

Selain memiliki banyak kelebihan, atap spandek pasir juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atap spandek pasir yang perlu Anda ketahui.

1. Permukaan Atap Mudah Penyok

Permukaan atap spandek pasir ini tidak cukup kokoh, sehingga rentan penyok jika terkena benturan keras. Selain itu atap spandek pasir ini punya bobot yang ringan dan permukannya yang relatif tipis. Sehingga atap ini akan mudah penyok jika terinjak atau tertiban material lain yang bebannya lebih berat.

Karena kekurangannya ini, proses pemasangan atap spandek pasir ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Dengan begitu permukaannya bisa tetap terjaga.

2. Warna Mudah Terkelupas

Kekurangan atap spandek pasir yang lainnya adalah warnanya yang mudah pudar dan terkelupas. Meskipun atap ini tersedia dalam berbagai varian warna, namun seiring berjalannya waktu akan pudar, bahkan terkelupas.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahan dan kualitas dari atap spandek pasir ini meskipun warnanya mudah terkelupas.

3. Fleksibilitas Rendah

Fleksibilitas yang dimiliki oleh atap spandek pasir juga tidak terlalu baik. Karena sifatnya ini lebih kaku. Oleh sebab itu gunakan atap spandek ini untuk desain atap yang tidak terlalu rumit.

Kelebihan Atap Spandek Pasir, Ampuh Redam Suara Hujan dan Tahan Lama

Demikianlah kelebihan dan kekurangan atap spandek pasir yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat.